oleh

Cara Mengunci Video di Youtube Agar Tidak Bisa di Download Oleh Orang Lain

-Teknologi-1.558 views

Bagi seorang content creator, suatu kebanggaan jika video yang dibuat disukai banyak orang. Namun, jika video tersebut diakui oleh orang lain, tentu merugikan. Tidak ada pengaturan mencegah pencurian konten. Tetapi bisa diminimalisir dengan cara mengunci video di YouTube agar tidak bisa di download dengan mudah oleh orang lain.

Mengatur Setelan Privasi Video pada YouTube

Cara mengunci video di YouTube agar tidak bisa di download yang pertama bisa dilakukan dengan mengatur setelan privasi. Mengubah setelan privasi video YouTube memungkinkan untuk mengontrol lokasi kemunculan konten video serta siapa saja yang bisa mengaksesnya.

Setelan privasi bisa dikategorikan menjadi tiga tipe. Pertama, kategori video publik. Kategori ini memungkinkan sebuah video dapat dilihat oleh semua orang dan dapat dicari di situs pencarian YouTube. Pengaturan publik biasanya sudah disetting otomatis oleh pengaturan YouTube. Ikon yang menandakan pengaturan publik adalah gambar bumi (globe).

Kedua, kategori video unlisted (tidak publik). Pada kategori ini video yang di upload tidak akan bisa dilihat ataupun dicari oleh orang lain. Kecuali oleh pengguna yang telah diberi link oleh pemiliknya. Dengan link atau URL yang dimiliki, pengguna lain bisa mengakses video tersebut tanpa perlu akun Google sekalipun.

Ketiga, kategori video private (pribadi). Video yang di setting private hanya dapat diakses oleh pembuatnya saja. Video tidak akan muncul di tab pencarian ataupun rekomendasi. Pengaturan private memungkinkan sebuah konten video terhindar dari penyalahgunaan orang yang tidak bertanggung jawab.

Cara mengunci video di YouTube agar tidak bisa di download dengan sistem privasi di atas bisa dilakukan sebagai berikut:

  • Login pada akun YouTube melalui aplikasi YouTube Studio.
  • Buka pilihan menu pada sisi sebelah kiri tampilan. Pilih menu Konten.
  • Pilih video yang ingin diatur ulang privasi tampilannya.
  • Masuk kotak pengaturan Visibilitas, lalu pilih jenis privasi yang di inginkan (Publik, Pribadi atau Tidak Publik). Akhiri dengan menekan tombol Simpan.
Baca juga:  Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Akun Facebook Dinonaktifkan dengan Mudah

Menggunakan Aplikasi YouTube Premium

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah meng-upgrade akun YouTube menjadi premium. Pengguna YouTube premium memang memiliki banyak keuntungan dibandingkan versi gratisnya. Selain terbebas dari iklan saat menonton sebuah video, pengguna premium juga memiliki akses tanpa batas di YouTube.

Sebagai seorang viewer akun premium, pengguna bisa mengakses lebih banyak video tanpa batasan. Serta bisa mengunduhnya untuk ditonton saat sedang offline tanpa batasan jumlah. Jika dilihat dari sudut content creator, akun premium memiliki akses untuk mematikan (turn off) fitur download offline pada video yang diunggahnya. Caranya seperti berikut:

  • Login YouTube Premium. Buka studio.youtube.com
  • Pada menu bar sebelah kiri, pilih Setelan. Kemudian klik Channel.
  • Setelah itu pilih Setelan Lanjutan. Pada bagian Klip, aktifkan centang “jangan izinkan penonton mengambil klip konten saya”.

Memberikan Hak Cipta atau Lisensi pada Video

Cara mengunci video di YouTube agar tidak bisa di download yang terakhir adalah memberikan hak cipta atau lisensi. Pihak YouTube menyediakan fitur hak cipta atau lisensi bagi pengguna untuk melindungi hak pemilik asli video. Syarat utama untuk pengajuan hak cipta adalah menjadi pihak yang pertama kali mengunggah video yang diajukan.

Itulah beberapa cara mengunci video di YouTube agar tidak bisa di download dan diambil oleh orang lain. Melindungi konten merupakan keharusan agar tidak di curi dan disalahgunakan pihak lain. Tidak ada jaminan 100% video akan aman. Namun dengan melakukan cara diatas diharapkan bisa sedikit melindungi hak cipta sebuah konten.

News Feed