Cara Mengatasi Windows 7 Lemot dengan Mudah

Windows 7 adalah program Windows yang cukup lama tetapi masih banyak yang menggunakan. Program Windows 7 sering kali mengalami gangguan sehingga program berjalan dengan lambat atau lemot. Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengatasi windows 7 lemot agar kinerjanya bisa kembali cepat.

Lemotnya kinerja program pada Windows 7 dapat terjadi karena beberapa alasan. Kerja yang terlalu berat, RAM penuh dan juga adanya virus bisa menjadi penyebab lambatnya program Windows. Pengguna Windows 7 pasti akan terganggu jika laptopnya berjalan lambat. Berikut cara mempercepat Windows 7 kerjanya lambat:

1. Matikan Desktop Gadgets

Beberapa pengguna laptop memasang desktop gadgets untuk memberikan informasi waktu, tanggal, kecepatan CPU dan lain-lain. Pemasangan desktop gadgets memang akan mempercantik layar. Penggunaan Desktop gadgets yang berlebihan juga akan mempengaruhi kerja laptop atau komputer.

Kekurangannya yaitu bisa menyebabkan lambatnya program windows 7 terutama saat booting. Cara mengatasi windows 7 lemot karena masalah ini yaitu dengan mematikan desktop gadgets tersebut. Ketikan gadget pada kolom pencarian start menu kemudian pilih View list of running gadgets. Nonaktifkan semua gadgets yang aktif untuk mempercepat program windows.

2. Matikan Efek Aero

Efek Aero adalah efek animasi yang bisa mempercantik tampilan layar. Sisi buruk dari fitur ini akan membuat kinerja Windows semakin lambat. Fitur ini harus dinonaktifkan agar performa Windows 7 kembali cepat.

Klik start yang ada pada Windows selanjutnya klik kanan pada komputer. Langkah selanjutnya pilih Properties dilanjutkan dengan memilih advance system setting dan pilih advanced. Klik setting pada bagian performance dan pilih beberapa opsi yang ingin dimatikan. Pilih adjust for best performance untuk mendapatkan performa terbaik.

3. Cek Virus dan Spyware

Tanda-tanda yang mudah dilihat saat perangkat terserang virus yaitu lambatnya kinerja perangkat. Windows 7 akan melambat jika perangkat yang digunakan terserang virus Spyware atau Malware. Pembersihan harus segera dilakukan agar virus tersebut bisa hilang dan tidak merambat ke komponen perangkat yang lain.

Baca juga:  5 Cara Cek IP Address Komputer Dengan Mudah

Menghilangkan virus pada perangkat dapat menggunakan antivirus yang ada. Antivirus tersebut selain bisa menghapus virus juga bisa melindungi perangkat dari serangan virus selanjutnya. Perangkat perlu dipindai secara berkala untuk mencegah masuknya virus.

4. Nonaktifkan Search Indexing

Fitur Search Indexing adalah fitur bawaan pada Windows 7 yang berfungsi untuk mempercepat proses mencari file atau data. Search indexing memakan resource yang cukup besar. Aktifnya fitur ini membuat kinerja komputer semakin berat dan melambat.

Search indexing harus dinonaktifkan jika ingin mempercepat kinerja Windows 7, terutama jika fitur ini jarang dipakai. Ketik index di kolom pencarian start menu kemudian pilih Modify. Jendela akan memunculkan berbagai lokasi penyimpanan. Hilangkan checklist dari nama-nama lokasi yang ditampilkan.

5. Batasi Startup Process

Startup Process adalah aplikasi yang otomatis langsung aktif ketika Windows diaktifkan. Aplikasi-aplikasi yang aktif secara otomatis tersebut dapat memberatkan kinerja komputer dan menjadikan komputer lambat. Beberapa aplikasi yang tidak penting harus dihapus dari daftar startup process untuk mempercepat kinerja Windows.

Ketikkan MSCONFIG pada kolom pencarian start menu kemudian enter, buka tab Startup untuk memunculkan daftar aplikasi yang aktif secara otomatis. Pilih aplikasi yang tidak diperlukan kemudian hilangkan centangnya. Hindari penghilangan centang pada aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan hardware dan keamanan agar tidak mempengaruhi kerja Windows.

Kinerja Windows 7 bisa saja mengalami gangguan yang menyebabkan lemotnya program windows. Pengguna harus segera mengatasi windows 7 lemot tersebut agar kerusakannya tidak semakin parah. Cara mengatasi permasalahan Windows tersebut dapat melakukan cara diatas atau mencari cara lain yang bisa dilakukan.