oleh

Cara Mengatasi Windows 10 Lemot di Ram 2GB Paling Ampuh!

-Teknologi-1.046 views

Sering macet saat mengerjakan tugas di Laptop Ram 2Gb? Bisa saja masalahnya terdapat di pengoperasian Windows 10 yang sedang berjalan. Mulai dari spesifikasi laptop yang kurang mendukung versi Windows, hingga pengabaian beberapa syarat lainnya kerap menjadi penyebabnya. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui cara mengatasi Windows 10 lemot di Ram 2Gb. Simak cara mengatasinya berikut ini:

1. Update Driver Windows

Update driver windows atau lebih tepatnya melakukan update pada driver grafik dapat dilakukan dengan mudah. Pertama cukup ketikkan device manager di search windows lalu klik display adapter. Setelahnya bisa di klik pada sisi bawah yang kemudian klik kanan pada pilihan update driver. Secara otomatis driver akan melakukan pembaruan dengan sokongan koneksi internet. Tinggal menunggu saja sampai download selesai.

2. Hapus Folder Sampah

Terkadang, orang-orang sering lalai akan keberadaan folder sampah yang sebenarnya tidak terlalu berguna. Oleh karena itu, dengan membersihkan folder sampah yang mungkin saja menumpuk dapat menghilangkan lag di Windows 10.

Caranya, klik tombol berlogo windows dan juga huruf R secara bersamaan, kemudian ketik kata “prefetch” di kolom yang muncul. Klik Control+A untuk melanjutkan langkah penghapusan folder sampah, lalu enter.

3. Mematikan Antivirus

Mungkin terdengar aneh, namun dengan mematikan antivirus memang menjadi salah satu cara mengatasi Windows 10 lemot di ram 2Gb. Alasannya karena Antivirus memang cukup membebani sistem, serta memakan resource Processor, RAM, dan juga Hard drive yang cukup besar.

Selain mengurangi kapasitas RAM, penggunaan Antivirus juga dapat mengurangi daya baterai secara berkala, karena berjalan di latar belakang. Namun tidak sedikit juga pengguna yang tidak mau menghapus Anti Virusnya karena beberapa alasan. Jika demikian, disarankan untuk menggantinya dengan Antivirus yang berkapasitas kecil saja.

Baca juga:  Pembaharuan Uji Coba Windows Terbaru

4. Mematikan Windows Update

Kerap dilalaikan, mematikan Windows update yang berjalan di latar belakang desktop menjadi solusi selanjutnya. Meski akan terjebak pada versi lawas, namun demi menghindari Windows lemot, tentu tidak salah untuk dilakukan.  Tidak begitu sulit, cukup klik tombol windows+R secara bersamaan dan ketikkan services.msc, lalu tekan OK. Scroll kebawah dan double klik tulisan “Windows Update”.

Di menu Startup, pilih Disabled, klik Apply, kemudian OK. Lakukan restart dan Windows tidak akan update secara otomatis kecuali di setting lagi. Sebagai informasi tambahan, di beberapa Laptop lainnya, akan terdapat notifikasi hitung mundur untuk melakukan Restart update. Jika muncul seperti itu, jangan dibiarkan saja demi menghindari Restart otomatis. Pada beberapa kasus, durasi hitung mundur cukup singkat atau hanya beberapa detik saja.

5. Mematikan Startup

Termasuk dalam cara yang ampuh, mematikan berbagai startup yang aktif saat laptop pertama kali digunakan. Selain bisa meminimalkan resiko Windows lemot, mematikan Startup juga tidak akan membuat laptop mengalami kerusakan. Karena sebenarnya, Startup berfungsi untuk membuka suatu aplikasi yang dilakukan secara otomatis, saat laptop dinyalakan.

Langkah pertama adalah dengan klik sebelah kanan tepat di Taskbar, kemudian pilih Task Manager untuk langkah selanjutnya, dan memilih tab Startup. Setelahnya, matikan saja semua startup dengan memilih status Enabled ke Disable. Meski begitu, sisi buruk dari dimatikannya Startup adalah dengan tidak terbukanya suatu aplikasi atau fiturnya secara otomatis. Jadi, beberapa fitur atau aplikasi harus dibuka sendiri secara manual untuk menjalankannya.

Itulah beberapa cara mengatasi Windows 10 lemot di Ram 2Gb yang patut dicoba. Sekedar informasi, penyesuaian antara spesifikasi Laptop dengan versi Windows perlu dilakukan dengan sabar dan teliti. Tujuannya yaitu demi menghindari kerusakan sistem.

News Feed