5 Cara Kompres Video di Android Tanpa Aplikasi yang Mudah Dilakukan

Pembuatan dokumentasi keseharian dengan video menjadi pilihan kebanyakan orang untuk menyimpannya sebagai kenangan. Semakin panjang video, maka memori file semakin besar. Menekan memori file video, tidak perlu menggunakan aplikasi yang ikut memakan memori pada perangkat. Di bawah ini akan dibahas lima cara kompres video di android tanpa aplikasi yaitu melalui situs:

1. www.compress-video-online.com

Cara kompres video di android tanpa aplikasi ini sederhana meskipun terbilang panjang. Ketik alamat situs ini dan nantinya langsung diarahkan memilih dokumen video. Menarik file dari folder dapat dipilih jika dirasa lebih mudah. Setelah memilih video yang akan diproses, halaman akan memunculkan video yang dimaksud.

Di bawah tampilan video dapat dilihat ukuran video yang sebenarnya. Pilihan format video hasil kompres juga dapat diganti dengan format berbeda. Jika ingin memotong durasi waktu, video dapat diubah dengan menulis waktu terakhir yang diinginkan pada kolom akhir. Tekan tombol kompres dan setelah selesai klik pada ‘Kompresi Selesai’, lalu Klik Simpan’.

2. www.compress2go.com

Situs yang kedua ini dapat digunakan untuk mengkompres dokumen, gambar, zip, dan juga video. Scroll halaman website situs ini sampai menemukan pilihan ‘Kompres Video’ di bawah opsi kompress untuk dokumen jenis gambar. Kemudian masukkan video yang dipilih dari penyimpanan android. Video yang tersimpan di google drive atau dropbox juga dapat dipilih.

Tunggu beberapa saat, nama file akan muncul. Jika ingin mengganti file video dapat menekan tombol ‘ Hapus’. Setelah memastikan nama video yang akan dikompres benar, tekan pada tombol ‘Mulai’. Di situs ini, sebelum mengompres dapat menentukan ukuran file yang diinginkan. Pada halaman bawah situs ini menyatakan menjamin data yang diproses aman.

Baca juga:  Cara Merubah Font Di Bio Instagram Tanpa Menggunakan Aplikasi

3. www.freeconvert.com

Sama seperti situs sebelumnya, situs ini pada dasarnya dapat mengompres jenis dokumen lainnya. Bedanya di situs ini, terdapat beberapa iklan yang menghiasi di kanan kirinya. Hanya saja, untuk fungsinya sama baiknya. Tarik halaman situs di browser android ke bawah hingga menemukan ‘Video Compressor’ pada kotak klasifikasi tools. Kemudian, tekan tombol tersebut.

Memori file video hingga 1 GB dapat dikompres melalui situs ini. Tekan tombol ‘Choose Files’. Tentukan pengaturan tambahan di bawah halaman. Jika ingin mengompres lebih dari satu, tekan ‘Add More Files’. Setelah memilih video, tekan tombol ‘Compress Now’. Halaman akan menampilkan hasil kompres. Terakhir tekan ‘Download MP4’.

4. www.videosmaller.com

Sesuai dengan namanya, situs ini memang dibuat untuk mengompres atau memperkecil ukuran file video. Meskipun hanya bisa mengkompres video dengan memori file sebesar 500 Mb, namun caranya tidak kalah praktis. Terdapat beberapa iklan yang muncul di halaman situs ini. Menariknya di bawah halaman ada statistik pengunjung dari tahun 2018.

Langkah pertama adalah tekan tombol browse dan pilih video yang sudah dipersiapkan. Tarik halaman ke bawah dan atur output dari video yang diinginkan. Setelah menentukan pengaturan, tekan ‘Upload Video’.  Hasil kompres berada di halaman yang sama. Jadi, tinggal scroll ke atas dan klik pada ‘Completed : Download File’.

5. www.clideo.com

Situs ini tanpa banyak iklan dan tampilannya cerah, pengunjung dapat langsung menekan tombol ‘Choose Files’. Dokumen video yang dipilih dapat diambil dari penyimpanan internal atau penyimpanan awan seperti google drive dan dropbox. Jika menarik halaman ke bawah, situs ini menyatakan bahwa menjamin keamanan data video yang diproses.

Baca juga:  Cara Merubah Rekaman Suara Menjadi Text di Android dengan Aplikasi

Waktu yang diperlukan untuk mengompres video tergantung dari besar kecilnya memori file video. Setelah waktu kompres selesai, preview video dapat diputar. Kemudian, tekan tombol download. Jika ingin menambah modifikasi lainnya pada video seperti menggabung video dapat dilihat opsi di bawah download yaitu “Continue In..”

Itulah beberapa cara kompres video di android tanpa aplikasi dengan melalui situs. Video lebih menyentuh dibanding dengan hasil foto, karena gerakan dan suara yang ditangkap. Memori file yang kecil dapat menambah kesempatan untuk terus menangkap dokumentasi. Apalagi saat momen penting, dokumentasi menjadi lebih berharga.