5 Cara Mengatasi Kehabisan Ruang Penyimpanan

Ada cara mengatasi kehabisan ruang penyimpanan yang mudah diikuti. Hal ini karena penyimpanan telepon yang penuh membuat tidak nyaman. Kadang juga bisa menyebabkan kinerja telepon menjadi terhambat. Untuk itu, memang penting untuk menjaga penyimpanan telepon supaya tidak kepenuhan. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi penyimpanan yang penuh, yaitu:

1. Bersihkan File Cache

Menghapus file cache bisa menjadi salah satu cara mengatasi kehabisan ruang penyimpanan. Cache ini muncul dari aktivitas yang dilakukan di ponsel. Biasanya digunakan untuk menyimpan data sistem pada suatu aplikasi. Sehingga nantinya ketika Anda mengakses aplikasi tersebut kembali dengan mudah. Setelah cache dibersihkan, kinerja ponsel akan jauh lebih cepat.

Untuk bisa menghapus file cache ponsel, masuklah ke menu pengaturan di ponsel. Setelah itu pilihlah pengaturan tambahan. Kemudian, sentuh manajemen aplikasi. Nantinya akan menampilkan deretan aplikasi yang terpasang di ponsel. Pilih aplikasi yang sekiranya sering dipakai dan menyimpan banyak cache. Setelah itu pilih bersihkan cache, maka dengan otomatis cache akan terbersihkan.

2. Menghapus Aplikasi

Menghapus aplikasi juga bisa menjadi salah satu solusi untuk mengosongkan ruang penyimpanan ponsel. Barangkali memang terdapat banyak aplikasi yang terpasang di ponsel tetapi tidak terlalu butuhkan. Sehingga tidak ada salahnya jika menghapus aplikasi yang memang jarang digunakan tersebut.

Langkah pertama, buka Google Play Store. Kemudian, klik pada ikon tiga baris yang terletak di sebelah kiri layar. Jika sudah diperbarui, klik saja ikon profil akun Google yang dipakai. Setelah itu klik pada pilihan menu “my apps & games“. Lalu, lihat aplikasi apa saja yang tidak sepertinya tidak butuhkan. Jika ingin menghapus aplikasi yang tidak diperlukan lagi, klik pada aplikasi tersebut lalu pilih “uninstall“.

3. Memindahkan File Besar ke SD Card atau PC

Cara berikutnya yakni dengan memindahkan file besar dari memori internal ke SD card atau PC. File seperti musik, video, musik, foto dan file penting lainnya bisa Anda pindahkan ke memori SD card. Dengan begitu, sehingga ruang penyimpanan internal tak akan penuh oleh file yang menumpuk.

Baca juga:  Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis Telkomsel Terbaru 2021

Cara untuk bisa memindahkan file, bukalah aplikasi “file manager” di ponsel. Kemudian antara penyimpanan internal dan penyimpanan Memory Card, pilih penyimpanan internal. Setelah itu akan nampak folder yang berisi foto, video, musik, dan file lainnya. Biasanya file-file itu tersimpan dalam folder kamera, download, gallery, DCIM, dan lain-lain.

4. Mengubah Penyimpanan Foto Dari Kamera ke SD Card

Bagi yang hobi berfoto ria, memang sudah wajar jika memori penyimpanan ponselnya penuh dengan foto hasil jepretan yang estetik. Terlebih semakin tinggi spesifikasi ponsel, maka semakin besar pula ukuran file foto yang dihasilkan karena kualitasnya bagus. Untuk mengatasi itu, alihkan penyimpanan foto dari kamera ke kartu SD card untuk menghemat ruang penyimpanan.

Untuk bisa mengubah pengaturan penyimpanan. Langkah pertama, bukalah kamera ponsel. Kemudian pilihlah pada ikon settings atau ikon bergambar gear. Jika sudah, cari pilihan menu lokasi penyimpanan. Setelah itu, ubahlah pengaturan penyimpanan menjadi SD card. Setiap jepretan yang diambil akan otomatis masuk ke penyimpanan SD Card.

5. Mematikan Fitur Auto-Save Foto

Disadari ataupun tidak, memang banyak pengguna ponsel yang cenderung mengaktifkan fitur auto-save media untuk aplikasi media sosial. Biasanya aplikasi-aplikasi itu antara lain, WhatsApp, LINE dan aplikasi chatting lainnya yang serupa. Padahal, fitur auto-save tersebut tidak hanya membuat kuota internet cepat habis, tetapi juga membuat memori penyimpanan ponsel penuh.

Untuk itu, memang lebih baik untuk menonaktifkan fitur ini dengan cara mengubahnya pada chat room yang terdapat di aplikasi chatting yang dipakai. Setelah itu klik pada opsi menu “save to camera roll” lalu pilih “never“.

Itu beberapa cara mengatasi kehabisan ruang penyimpanan. Selain menghapus cache dan memindahkan file, mengurangi pengunduhan secara otomatis juga termasuk cara yang efektif agar penyimpanan tetap longgar.

Baca juga:  Mudah! Ini Cara Melihat Story Instagram Akun yang Di Private