5 Cara Mengatasi USB Not Recognize dengan Mudah

Pentingnya menggunakan PC dan laptop biasanya melibatkan penyimpanan data yang harus ditransfer. Dengan menggunakan USB maka bisa memudahkan transfer file, namun sering terjadi kendala pada USB saat dipasang. Lalu bagaimana cara mengatasi usb not recognize pada saat akan akan mentransfer file ke laptop atau PC?

1. Pasang Ulang USB

Ketika akan mentransfer file, jika terjadi hambatan, maka bisa diatasi dengan cara yang mudah. Caranya dengan memasang ulang USB yang terhubung pada PC atau Laptop dengan segera. Hal ini dilakukan untuk membuat USB bisa terhubung kembali ke PC atau laptop yang sedang digunakan.

Pada prinsipnya saat dicabut dan pasang kembali, PC atau laptop akan refresh ulang. Jadi saat USB kembali terhubung, maka bisa terbaca file yang ada di dalamnya. Pastikan ketika menempatkan USB pada posisi yang benar dan tidak goyang.

2. Memindahkan USB ke Port USB Lainnya

Jika cara mengatasi usb not recognize sebelumnya tidak berhasil, maka cara lain yaitu memindahkan USB ke port lainnya. Dengan begitu secara mudah USB akan terbaca jika berada di alternatif port lainnya. Pasalnya USB yang digunakan bisa jadi tidak terdeteksi di port sebelumnya, maka peru alternatif lainnya untuk pemakaian.

Bisa jadi port yang digunakan sudah rusak ketika melakukan sambungan ke USB. Maka dari itu, perpindahan port lain bisa membantu untuk membaca USB dan file bisa segera terbaca dengan baik. Dengan kata lain pula, perpindahan file ini bisa dilakukan secara mudah dan lancar di port yang berbeda.

3. Menghapus Instal Driver Perangkat USB

Tidak hanya perangkat mouse atau keyboard melainkan juga semua perangkat eksternal bisa langsung terhubung pada PC atau laptop. Dimana semua perangkat eksternal tersebut bisa langsung terinstal drivernya secara otomatis.

Baca juga:  Fitur Terbaru TikTok yang Bisa Dinikmati di Tahun 2022

Maka dari itu, cobalah untuk melakukan penghapusan instal driver pada perangkat USB yang digunakan. Cara untuk menghapus instalan tersebut bisa ikuti langkah ini:

  • Membuka device manager, bisa dengan bantuan kolom pencarian di windows dan buka programnya.
  • Mengklik ikon collapse pada menu disk drive dan klik di USB yang sedang digunakan.
  • Klik kanan untuk menghapus instalan driver dengan pilih di menu Uninstall Driver.
  • Ikuti petunjuk berikutnya dan jika sudah selesai maka cabut USB kemudian tunggu serta hubungkan pada PC atau Laptop.

4. Melakukan Update Windows

Berikutnya cara mengatasi usb not recognize adalah dengan menjalankan update windows. Cara yang satu ini justru biasanya terlupakan dan tidak dipilih, padahal bisa mengatasi bug atau penyebab masalah lain. Apalagi jika USB tidak terdeteksi, maka bisa memilih alternatif yang satu ini agar bisa lancar.

Untuk bisa melakukan update windows maka lakukan cara berikut ini, buka menu setting kemudian pilih update&security. Setelah itu pilihlah check for updates, tunggulah dan proses akan berjalan serta pastikan internet berjalan lancar untuk update windows.

5. Mematikan Power Management USB Root Hub

Untuk bisa atasi usb not recognize juga bisa dengan mematikan power management USB Root hub. Langkah yang bisa pengguna lakukan yaitu berikut ini:

  • Membuka device manager.
  • Memilih USB Root Hub kemudian klik tanda collapse pada tampilan universal serial bus controllers di menu.
  • Memilih properties.
  • Mematikan power management kemudian hilangkan tanda centang di bagian allow untuk device to save power dan tekan ok.

6. Melakukan Restart Laptop atau Komputer

Biasanya yang sering terjadi ketika memakai USB untuk transfer data kemudian mengalami kegagalan. Maka cara yang harus dilakukan dengan merestart laptop atau komputernya sesegera mungkin. Pada saat merestart ulang maka seluruh kerja aplikasi akan terkoneksi ulang secara bersamaan.

Baca juga:  9 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto dengan Lirik Lagu untuk Membuat Video Musik yang Keren

Jadi sebelum melakukan pemasangan USB kembali, bisa dengan memastikan kondisi PC atau komputernya. Jika sudah dipastikan restart ulang berhasil, artinya PC atau laptop tersebut memuat ulang program. Maka USB pengguna bisa langsung terhubung kembali untuk bisa mentransfer file yang dilakukan.

7. Cabut Kabel Power Supply

Cara mengatasi USB not Recognize dengan mencoba cabut kabel power supply dan berlaku ketika menggunakan PC bukan laptop. Biasanya power supply ini berada dibelakang CPU jadi pengguna tinggal langsung mencabutnya saja. Cara ini sangat praktis dan dilakukan untuk memastikan bahwa USB nantinya bisa tersambung pada perangkat.

Pada saat pengguna telah mencabut power supply kabelnya, biarkan beberapa menit agar motherboard di PC beristirahat dalam kondisi mati. Jika sudah dirasa cukup melakukannya maka tinggal pasang lagi kabel power supplynya. Berikutnya tinggal menjalankan kembali dengan cara memasang kabel power supplynya dan PC siap dioperasikan secara normal.

8. Scan For Hardware Changes

Jika USB masih saja tidak terbaca pada PC maka lakukan cara mengatasi USB not recognize dengan scanning. Scanning ini dilakukan untuk membaca perangkat yang ada pada PC atau laptop penggunanya. Dilakukan pemindaian yang bermanfaat untuk memahami seperti apa hardware dan mana yang terjadi perubahan. Untuk memastikan seperti apa cara scanningnya maka pengguna bisa ikuti langkah berikut ini:

  • Menekan tombol windows kemudian + dan R secara sama di keyboard.
  • Segera ketik devmgmt.msc kemudian klik untuk ok.
  • Berikutnya pilihlah menu action dan klik di bagian scan for hardware change.

9. Memeriksa Kondisi USB

Jika ingin memastikan apakah USB bisa tersambung dengan baik pada saat terpasang di PC atau laptop. Maka yang perlu diperhatikan berikutnya yaitu dengan cek kondisi USB yang sedang digunakan. Apabila ketika sudah cek USB kemudian disambungkan pada PC atau laptop masih mengalami gangguan, maka bisa jadi laptop atau USBnya.

Baca juga:  5 Cara Kompres Video Di iPhone Tanpa Mengurangi Kualitas

Jika di coba dengan USB lain ke perangkat laptop atau PC ternyata bisa, maka periksa USB tersebut. Pemeriksaan USB ini bisa dilakukan dengan teliti, pasalnya USB yang bermasalah dan tidak terdeteksi tidak mampu mentransfer file. Jika kondisi USB yang sudah rusak, artinya peringatan USB not recognize tersebut sudah sesuai.

10. Uninstall Hidden Device

Selain mengecek kondisi USB, merestart komputer dan lainnya, maka bisa dengan uninstall hidden device. Biasanya permasalahan yang muncul adalah saat sudah diinstal USBnya tapi tidak dipakai lagi. Maka kondisi inilah yang biasanya disebut dengan kondisi hidden device pada PC atau laptop karena tak dipakai pada kondisi yang sangat lama.

Jika terlalu banyak bagian hidden device maka bisa berakibat error atau crash. Pengguna bisa uninstall hidden device dengan mengikuti cara berikut ini:

  • Klik di menu start dan masuk ke device manager.
  • Kemudian tap menus cation.
  • Ada banyak pilihan, salah satu tampilannya ada uninstall device, maka segera klik.
  • Hidden device sudah tidak terinstal di PC atau laptop.

Dengan memahami cara mengatasi usb not recognize yang bisa dengan mudah dilakukan pengguna. Maka secara otomatis pengguna bisa menghubungkan dan mentransfer file yang ada tersebut pada PC atau laptop. Adapun masalah USB yang tidak bisa terdeteksi tersebut akhirnya selesai dan file tertransfer dengan mudah.