Cara Mengatasi Touchscreen Ngangkat Tanpa Ke Tukang Service

Sering terjadi kerusakan-kerusakan touchscreen pada smartphone, yang disebabkan oleh mesin smartphone atau tekanan daya. Tetapi bagi para pengguna tidak perlu khawatir karena pasti ada cara yang bisa digunakan untuk memperbaikinya. Banyak cara mengatasi touchscreen ngangkat dengan mudah.

Untuk yang mengalami masalah seperti ini, bisa memperbaikinya sendiri tanpa perlu pergi ke konter atau tempat service. Sebelum mengetahui langkah untuk memperbaiki, pastikan mengetahui penyebab utama dari masalah tersebut. Berikut ini adalah cara untuk memperbaiki layar HP yang mengangkat:

1. Membersihkan Smartphone

Cara yang pertama dan tentunya juga paling penting adalah membersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan tisu basah. Pembersihan ini dilakukan agar kotoran – kotoran yang ada bisa hilang dan memudahkan untuk memperbaiki. Selain itu juga bisa untuk menghindari kerusakan – kerusakan lain yang lebih parah.

Tujuan lainnya adalah untuk menjaga layar agar tetap bersih ketika memulai untuk membenarkan touchscreen. Cara membersihkannya pun juga tidak boleh sembarangan, harus secara perlahan dan jangan ditekan. Bisa juga untuk membersihkan bagian dalam, namun jangan terlalu masuk agar tidak merusak lainnya.

2. Menyiapkan Peralatan dan Bahan

Selanjutnya pengguna mempersiapkan peralatan atau bahan yang akan digunakan untuk memperbaiki touchscreen ngangkat. Untuk menempelkan layar bisa menggunakan sebuah lem atau juga double tape. Tetapi untuk merk yang digunakan bukan lem yang digunakan untuk memasang peralatan rumah.

Pengguna bisa menggunakan double tape merk 3M dan juga lem Bem7000 Mechanic. Dua bahan ini sudah dikhususkan untuk digunakan sebagai perlengkapan hardware teknologi seperti layar Handphone. Untuk lebih praktis menggunakan double tape, tetapi agar tahan lama tidak terangkat kembali bisa menggunakan lem.

3. Memasang Layar

Cara mengatasi touchscreen ngangkat yang ketiga adalah proses memasang atau menempelkan layar. Jika ponsel sudah bersih, kemudian peralatan sudah disiapkan maka bisa langsung melakukan pemasangan. Dalam cara ketiga ini sangat membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang sangat ekstra.

Baca juga:  Pembaharuan Uji Coba Windows Terbaru

Pengguna harus benar – benar memperhatikan posisi layar dengan handphone dengan seksama dan sesuai dengan letaknya. Pasangkan perangkat dengan baik dan jangan sampai menutupi layar touchscreen. Setelah itu bisa menempelkan secara perlahan dan menutupi bagian ujung demi ujung dengan lem agar tidak mengangkat kembali.

4. Pembersihan Lem

Setelah memasang dengan perlahan, pastikan seluruh bagian pinggir layar tertutup dengan rata dan rapi. Perlu diingat kembali, ketika pemasangan lakukan satu sisi terlebih dahulu baru kemudian pasang sisi satunya. Dalam merekatkannya juga jangan terlalu menekan dengan keras agar tidak pecah atau retak.

Dalam menuangkan lem jangan terlalu berlebihan karena nanti justru akan membuat smartphone menjadi kotor. Bersihkan sisa – sisa lem dengan menggunakan tisu basah sebelum mengering agar tidak menempel secara perlahan. Jika ingin menghidupkan ponsel bisa menunggu lem mengering terlebih dahulu.

5. Pengecekan Kembali

Terakhir bisa melakukan pengecekan ponsel, apakah sudah tertutup dengan baik di semua bagian layar. Kemudian jika sudah selesai serta bisa hidup dengan normal dan tidak error, Hp bisa digunakan kembali. Tetapi jika sebaliknya atau tidak bisa hidup dengan baik, bisa langsung pergi ke service Handphone.

Itulah lima cara mengatasi touchscreen ngangkat yang dapat diperbaiki di rumah tanpa pergi ke konter. Untuk selanjutnya bisa lebih berhati – hati dalam penggunaanya agar bisa tetap aman dan tidak rusak. Biasanya touchscreen yang mengangkat terjadi karena HP terlalu panas dan tidak kuat untuk mendinginkan mesin.