Kenapa Hp Xiaomi Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit_ Ini Jawabannya

Kenapa hp Xiaomi memori penuh padahal aplikasi sedikit? Pertanyaan ini cukup sering diajukan oleh pengguna Xiaomi. Sebab, tidak jarang memori terisi penuh sehingga tidak dapat merekam video atau mengunduh aplikasi baru. Padahal, jumlah aplikasi yang dimiliki tidak banyak.

Mengapa Memori Bisa Penuh Meski Tidak Memiliki Banyak Aplikasi?

Bagi pengguna smartphone, kecukupan memori sangat penting. Berbekal memori tersebut ada banyak hal yang dapat dilakukan. Misalnya menyimpan foto, download aplikasi untuk pekerjaan online, dan sebagainya. Agar bisa menemukan solusi, mari cari tahu terlebih dahulu penyebab memorinya menjadi penuh. Berikut beberapa kemungkinannya:

1. File Sampah Menumpuk

Setiap aplikasi yang terdapat di perangkat akan menghasilkan file sampah misalnya cache, data, backup, dan sebagainya. Cache umumnya berasal dari pemakaian aplikasi tersebut. Jumlahnya akan berbanding lurus dengan pemakaiannya. Contohnya aplikasi berukuran hanya 180 MB, namun bisa menumpuk sampai 1 GB.

Jumlahnya akan cukup signifikan jika digabungkan dengan beragam konten yang diunduh dari aplikasi. Memang, keberadaan data bisa meningkatkan performa aplikasi ketika sedang digunakan. Sayangnya, berkas tersebut akan sulit dilihat jika tidak menelusuri tempat penyimpanan secara mendalam.

2. Foto yang Bertambah Banyak

Seringkali pengguna Xiaomi tidak menyadari jika foto yang diambil menggunakan kamera hp ukurannya cukup besar. Jadi, dengan beberapa foto saja sudah memakan memori berjumlah besar, apalagi jika merekam video. Semakin tinggi piksel dari kamera, maka ukuran fotonya akan semakin besar pula.

3. Ada Aplikasi Bawaan

Semua perangkat smartphone memiliki sistem bawaan yang memakan ruang penyimpanan. Seandainya memiliki 128 GB memori, tidak jarang akan tersisa 115 GB saja. Ukurannya bisa meningkat karena terdapat pembaruan (update). Meski jarang digunakan, beberapa aplikasi bawaan tersebut tidak bisa dihapus.

Baca juga:  10 Aplikasi Penerjemah Bahasa Otomatis, Cocok Buat para Traveller

Tips untuk Mengatasi Memori Hp Xiaomi Penuh

Sebelumnya telah dibahas tentang kenapa hp Xiaomi memori penuh padahal aplikasi sedikit. Jika ingin membeli memori berkapasitas besar, harganya pun lebih tinggi. Sebelum terburu-buru membeli, mari lakukan beberapa tips untuk mengurangi memori berlebih pada Xiaomi seperti berikut ini:

1. Menghapus Cache

Bersihkan cache secara rutin. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap jumlah memori perangkat. Setiap harinya pengguna memakai aplikasi, maka fokuskan pada yang paling sering digunakan karena file sampahnya pun lebih banyak. Jika tidak ingin manual, bisa juga memakai aplikasi khusus pembersih file sampah.

2. Memfilter File Foto dan Video

Keberadaan foto maupun video sangat lumrah, apalagi jika perangkatnya sudah digunakan dalam waktu lama. Seperti yang dijelaskan bahwa file-file ini berukuran cukup besar, maka pengguna perlu melakukan alternatif tindakan sehingga memorinya tidak penuh. Contohnya menyortir foto serta video.

Beberapa file bisa dipindahkan ke perangkat lain misalnya laptop sehingga tidak perlu menghapusnya. Alternatif lainnya adalah menghapus file-file yang tidak benar-benar diperlukan. Misalnya dari sepuluh foto yang serupa bisa menyisakan dua atau tiga foto saja.

3. Menghapus Aplikasi dan Memakai yang Lebih Ringkas

Pengguna dapat menghapus aplikasi dengan fungsi serupa dan memakai satu jenis saja. Contohnya memiliki banyak jenis browser seperti Chrome, Firefox, dan Opera. Bisa menghapus yang dua lainnya dan memakai satu yang benar-benar sering digunakan saja.

Pengguna juga memilih menghapus aplikasi yang ukurannya besar namun jarang digunakan. Ganti dengan versi lite yang ukurannya lebih kecil. Apabila memang sangat dibutuhkan, sebaiknya rutin membersihkan file-file sampah agar tidak membuat ukurannya semakin besar.

Itulah ulasan tentang pertanyaan kenapa hp Xiaomi memori penuh padahal aplikasi sedikit. Ada berbagai penyebab yang mendasari sehingga memori bisa penuh, bukan semata-mata karena jumlah aplikasinya. Pengguna dapat melakukan beberapa upaya untuk meminimalisir memori yang termakan banyak, contohnya menghapus cache.

Baca juga:  Inilah Rekomendasi Aplikasi Cek E Toll Terbaik di Smartphone